Cincai ..

Para tetua sering menasehati kita kalau mau hidup banyak sahabat, jalinan relasi yang baik, keluarga harmonis, dagangan lancar, dan menikmati hidup bahagia, maka jadilah orang yang ‘cincai’.
Cincai artinya tidak terlalu banyak perhitungan, easy going dan ikhlas..
Orang yang terlalu perhitungan setiap detik otaknya dipenuhi dengan angka-angka, jiwanya disesaki oleh dua kata yang paling penting dalam hidupnya yaitu Untung atau Rugi.
Hatinya selalu cemas dan gelisah memikirkan bagaimana meraup keuntungan sebesar-besarnya dan menolak segala macam bentuk kerugian.
Orang yang terlalu perhitungan, ibarat koin 100 perak pun seakan lebih besar dari roda traktor. Serambut kerugian dipandang serius dan besar bagaikan gunung Merapi, suka tarik urat, mengkritik, bersilat lidah, ngotot dan gontok-gontokan hanya utk masalah sepele. Orang yang perhitungan tak pernah mau mengalah apalagi memberi dan berkorban. Sikap perhitungan membuat hidup tegang, kuatir, capek & menderita…
Mari kita berlatih menjadi ‘cincai’.. Orang ‘cincai’ cenderung mengalah dan memberi, toleransi dan pengertian, gampang bekerja sama, mudah diajak berunding, sehingga punya banyak sahabat. Rejekinya lancar, hidupnya tenang, ceria dan tidak banyak gejolak. Dalam kehidupan keluarga niscaya lebih harmonis, bahagia, dan enjoy..
Benarlah nasihat para tetua, ‘cincai’ adalah kunci hidup bahagia dan sukses..

__________________________________________________

Tulisan asli berjudul ‘Cincai’ , diambil dari Milis AMA-DKI. (ama-dki@yahoogroups.com )
dipost oleh : Bpk. Haryo Ardito (http://www.haryoardito.com)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s